cover
Contact Name
Supriyati
Contact Email
supriyati@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
supriyati@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
@is The Best [Accounting Information System & Information Technology Business Enterprise]
ISSN : 22529853     EISSN : 2656808X     DOI : -
Jurnal Riset Prodi Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia, yang didirikan pada bulan April 2012. Bergerak dibidang publikasi hasil riset ilmiah dari perpaduan berbagai disiplin ilmu, yaitu: Sistem Informasi Akuntansi, Komputerisasi Akuntansi, Sistem Informasi Bisnis, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Pajak, Sistem Pemeriksaan Akuntansi, IT Business Enterprise dan Teknologi Informasi Komunikasi untuk berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan Komputerisasi Akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business" : 6 Documents clear
Implementasi Pembelian Kredit Bahan Baku Material Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting V18 Pada PT Mitra Metal Sejati Arif Maulana Yusuf; Yeny Rostiani; Rahmat Gunawan; Renanda Claudia
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.751 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4524

Abstract

PT Mitra Metal Sejati merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa mekanikal dan machining fabrikasi. Dalam melakukan kegiatan usahanya perusahaan membutuhkan pembelian bahan baku material untuk dapat menjalankan kegiatannya. Pencatatan pembelian kredit merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan karena nantinya pencatatan tersebut berkaitan dengan hutang yang merupakan kewajiban sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini menyajikan informasi pembelian dan hutang secara terkomputerisasi yang cepat dan akurat. Metodologi penelitian yang penulis gunakan terdapat beberapa tahapan diawali dengan perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan migrasi data ke aplikasi MYOB Accounting Plus V18. Pencatatan pembelian bahan baku material pada PT Mitra Metal Sejati masih menggunakan Microsoft Excel dan belum terkomputerisasi sehingga sering terjadi kesalahan. Kesalahan atau permasalahan yang terjadi pada PT Mitra Metal Sejati seperti: penginputan hutang usaha dan membuat Purchase Order (PO) serta laporan pembelian kredit baik nama supplier, nomor invoice masuk dan nominal masih menggunakan Microsoft Excel sehingga kadang terjadinya kesalahan penginputan data. Adapun dari permasalahan-permasalahan tersebut dan dengan semakin berkembangnya perusahaan membutuhkan Sistem Informasi yang baik untuk menunjang kegiatan-kegiatan usahanya khususnya dalam pembelian kredit yang nantinya berhubungan dengan utang perusahaan. Mengimplementasikan suatu penyajian laporan pembelian kredit dan utang pada PT Mitra Metal Sejati menggunakan aplikasi akuntansi MYOB Accounting Plus V18. Sehingga dapat mempermudah, mempercepat, dalam pencatatan pembelian kredit serta menyajikan laporan pembelian dan utang, dan laporan tersebut dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan oleh manajemen.
Keterandalan Laporan Keuangan : Dampak dari Kualitas SDM dan Teknologi Informasi Sri Dewi Anggadini; Vira Mutiara Subekti; Sari Damayanti; Egi Fahrana
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.155 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4618

Abstract

This study aims to find out how much influence the quality of human resources and information technology on the reliability of financial statements. To produce reliable financial statements, a good quality of human resources and adequate information technology are required, to support the financial statements to be said to be reliable and valid. Lack of quality of human resources and information technology will affect reliability of its financial statements do not materialize. Method used in this study is descriptive and verificative method that is sourced in primary data with questionnaire collection techniques that are distributed to employees of the Financial and Asset Management Agency of West Bandung Regency. Due to small population, researchers determined sampling using Census Sampling, which is to make entire population into a sample with a total of 16 samples (respondents). Data processing conducted in form of statistical tests based on multiple regressions, as well as hypothesis tests using SPSS 23 application. Based on results of research conducted can be known quality of human resources is good but still have to be considered because there is still dishonesty in presentation of financial statements. Similarly, information technology applied is sufficient but still has to be considered about the software to always be updated and adapted to the needs. Conclusion of this study, Quality of Human Resources has a significant effect on Reliability of Financial Statements and Information Technology has a significant effect on Reliability of Financial Statements.
Validitas Arsitektur Bisnis menggunakan Metode Formal PetriNets (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur di Indonesia) Asti Amalia Nur Fajrillah; Syifa Annastasia
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1417.115 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4800

Abstract

Gartner Group memperkirakan sekitar 40% dari program Enterprise Architecture (EA) terpaksa harus dihentikan karena tidak memiliki signifikansi terhadap bisnis dan kegagalan dalam meningkatkan nilai bisnis sesuai yang diharapkan perusahaan. Salah satu yang memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mencapai nilai bisnis yang diinginkan yaitu melalui perancangan Arsitektur Bisnis. Sebelum masuk pada perancangan arsitektur bisnis langkah yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi proses bisnis, proses bisnis merupakan serangkaian aktifitas yang saling terkait untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Memodelkan proses bisnis yang baik dapat membantu untuk menghindari kesalahan sejak awal yang disebabkan oleh kualitas, dimana model proses bisnis akan berdampak pada kualitas rancangan arsitektur sistem informasi. Maka dari itu, kualitas dari proses bisnis model telah diakui sebagai faktor penting agar pemodelan arsitektur sistem informasi dapat sukses di perusahaan. Diperlukan pengujian kualitas model proses bisnis untuk menjaga kualitas model tetap tinggi, salah satunya dengan menggunakan pendekatan kerangka kerja kualitas model arsitektur perusahaan. Dalam mendefiniskan kualitas model, kerangka kerja ini membagi menjadi beberapa tingkatan dimana salah satunya menggunakan principle of validity dengan atribut berupa syntactical properness. Atibut syntactical properness diuji melalui metode Formal Petri nets dengan memanfaatkan tools WoPed. Dalam kajian ini digunakan studi kasus dari salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia sebagai obyek uji. Dari hasil uji 4 dari 10 proses bisnis dinyatakan belum sesuai standar kualitas model arsitektur dan dilakukan perbaikan.
Perancangan Federal Enterprise Architecture Framework Pengelolaan Surat Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Salsa Tini Kareksi; Sudin Saepudin
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.09 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4901

Abstract

Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi mempunyai beberapa bidang salah satunya bidang Kasubag Umum dan Kepegawaian yang mempunyai fungsi pengumpulan dan pengolahan data. Fungsi tersebut tentunya banyak dikerjakan oleh bagian pengarsipan surat karena bagian tersebut merupakan bagian yang paling penting atau bisa disebut sebagai jantung dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi. Dimana bagian tersebut mengatur pengelolaan dalam surat masuk, surat keluar, dan laporan surat. Kegiatan pengelolaan surat masih menggunakan buku agenda, kartu disposisi dan Microsoft Office sehingga kegiatan pengelolaan surat terlihat masih belum optimal. Dari kegiatan pengelolaan surat di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi ditemukan beberapa permasalahan yaitu terjadi kehilangan data surat masuk tahun 2019 mencapai 50% sedangkan kesalahan dalam pendataan surat terjadi pada data surat keluar mencapai 10-40% sehingga dapat berpengaruh terhadap pembuatan laporan jumlah surat. Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi harus mewujudkan Enterprise Architecture untuk dapat mengatur dan mengawasi dalam pengelolaan surat. Dengan adanya hal tersebut, maka peneliti akan membuat “Perancangan Federal Enterprise Architecture Framework Pada Pengelolaan Surat Di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi”. Hal ini akan menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan kerangka kerja (blueprint) yang berupa business architecture, data architecture, application architecture, dan technology architecture.
Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Menggunakan TOGAF ADM dan Kombinasi COBIT 5 Herza Martianda; Sudin Saepudin
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1772.781 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4920

Abstract

RS. Bhayangkara Setukpa Lemdiklat Polri adalah salah satu dari beberapa rumah sakit yang berada di Sukabumi. Rumah sakit menyediakan pelayanan kesehatan, yang salah satunya yaitu pelayanan pendaftaran rawat jalan. Dalam kinerja pelayanan nya Rs. Bhayangkara Setukpa Lemdiklat Polri masih belum optimal, pada tahun 2017 s/d 2019 terjadi peningkatan jumlah kunjungan rawat jalan sebesar 50% dan pada tahun 2020 terjadinya penurunan mencapai 27%. Sistem informasi pendaftaran rawat jalan yang ada saat ini masih bersifat offline dan lamanya waktu pelayanan pendaftaran karena pasien harus mengisi formulir terlebih dahulu, sedangkan petugas pendaftaran hanya dijaga oleh dua orang saja tanpa didukung kecepatan sistem informasi pendaftaran yang dapat diakses oleh pasien. Rumah Sakit belum mempunyai alternatif pendaftaran yang bersifat online, sedangkan di era yang digital ini pelayanan di Rumah Sakit perlu ditingkatkan dengan menerapkan Enterprise Architecture (EA) menggunakan TOGAF ADM (The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method) dan Kombinasi COBIT 5 (Control Objective for Information and Related Technology). TOGAF ADM dapat mendefinisikan tahapan perancangan arsitektur informasi dan perlu dukungan COBIT 5 untuk melaksanakan tahapannya. Ea berguna untuk memenuhi proses bisnis kedepannya. Perancangan EA merupakan solusi yang tepat dalam mendukung organisasi suatu bisnis. Oleh karena itu penulis melakukan perancangan untuk mendukung sistem informasi pendaftaran secara online yang terintegrasi dalam proses menjalankan bisnis yang tepat di Rumah Sakit. Hasil dari kerangka kerja TOGAF ADM dan Kombinasi COBIT 5 adalah blue print perancangan EA berupa rekomendasi Perekrutan SDM IT, Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan, Pelatihan Karyawan, dan Inovasi Pemasaran Pendaftaran Rawat Jalan.
Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Kas Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus SPBE PT. XYZ Salatiga) Oktavia Shela Agustina; Endang Haryani; Suharyadi Suharyadi
@is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Vol 6 No 1 (2021): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business
Publisher : Labkat Press KA FTIK UNIKOM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.604 KB) | DOI: 10.34010/aisthebest.v6i1.4925

Abstract

Bagi semua perusahaan, kas merupakan salah satu aset yang aktif. Karena sifatnya yang likuid tersebut, maka semua transaksi bisnis organisasi akan berujung pada kas. Oleh karena itu, manajemen perlu mengelolanya melalui pencatatan yang baik untuk menghasilkan informasi kas yang handal dan berguna untuk pengambilan keputusan. Selain itu untuk mengamankan kas sebagai aset perusahaan dan sebagai bentuk pengawasan arus kas atas jalannya operasi perusahaan. Namun saat ini pencatatan kas secara manual di SPBE PT. XYZ Salatiga menyebabkan beberapa masalah, antara lain penyimpanan bukti yang hanya ditumpuk asal-asalan pada laci meja dan kemungkinan manipulasi kas karena kurangnya pengawasan pimpinan pada Bagian Administrasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengembangkan sistem informasi akuntansi kas menggunakan framework CodeIgniter untuk SPBE PT. XYZ Salatiga. Metode pengembangan sistem yang diterapkan adalah waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem informasi akuntansi kas pada SPBE PT. XYZ Salatiga telah dianalisis dan dikembangkan berdasarkan proses bisnis atau siklus transaksi kas perusahaan, serta mengatasi permasalahan pencatatan kas yang berjalan. Sistem informasi ini mampu mengelola dan mengolah transaksi penerimaan dan pengeluaran kas; mengelola bukti transaksi penerimaan dan pengeluaran; serta menampilkan informasi kas periode tertentu untuk pengambilan keputusan. Beberapa permasalahan perusahaan terkait dengan penyimpanan, memisahkan dokumen dan kemungkinan kehilangan dokumen, serta kurangnya pengawasan pimpinan yang memungkinkan ada tindakan memanipulasi kas dapat diatasi dengan menerapkan sistem informasi ini. Kebutuhan perusahaan akan Sistem Informasi Akuntansi Kas dapat dipenuhi dan tujuan pengendalian internal untuk mengamankan aset berupa kas dapat tercapai.

Page 1 of 1 | Total Record : 6